Media Tanam Dari Gedebog Pisang

Tahukan teman-teman selain bisa dimanfaatkan sebagai pupuk cair organik atau "bokashi", ternyata batang pisang (gedebog) juga dapat dimanfaatkan sebagai media tanam sayuran secara langsung. Seperti yang dilakukan oleh staf bidang Lifeskill Flores, ia mengajarkan kepada anak-anak untuk memanfaatkan batang pisang sebagai media tanam. Selain batang pisang, daun pisang juga dimanfaatkan sebagai pengganti kokeran (wadah pembenihan), karena lebih ramah lingkungan

Gedebog pisang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan media tanam lain, di antaranya adalah gedebog pisang mengandung banyak pati yang berfungsi sebagai sumber nutrisi tanaman. Selain itu gedebog pisang juga mengandung dekomposer yang dapat membentuk kompos secara langsung di dalam batang pisang tersebut. Selain itu dengan menggunakan gedebog pisang kita tidak perlu lagi mengeluh mengenai tidak memiliki tanah yang luas atau pekarangan yang terlalu sempit.

Gedebog pisang sendiri juga mengandung kadar air yang tinggi yaitu sekitar 80%. Hal inilah yang membuat penggunaan gedebog pisang sebagai media tanam tidak perlu lagi dilakukan penyiraman yang rutin sehingga dapat menghemat kebutuhan air untuk penyiraman. sangat cocok dengan wilayah yang sulit air, seperti di Mumere, Flores.

Cara menanamnya mudah saja. ambil sebatang pisang yang ukurannya cukup besar, Pada bagian batang pisang dibuat lubang tanam dengan diameter 5 cm sedalam 10 cm serta diberi jarak untuk setiap lubang tanamnya kurang lebih sekitar 15-20 cm. Sebelumnya disiapkan media dari campuran tanah, kotoran hewan dapat juga menggunakan sekam  padi dengan perbandingan 2:1:1. Media tersebut diaduk sampai rata lalu dimasukkan ke dalam lubang tanam. Setelah itu, sayur yang telah disemaikan dimasukkan ke dalam lubang. Langkah berikutnya, tanaman hanya membutuhkan perawatan secara rutin yaitu disiram 1 kali dalam sehari.

Di Children Center ALIT di wilayah Paroki Nita, anak-anak bisa bergabung bersama kami berpraktek bersama tentang berkebun secara organik dengan memanfaatkan media taman alami dan bisa gratis. Setiap bulan pisti ada karya bari dengen ragam metode yang menyenangkan. Anak-anak di wilayah laina seperti di wilayah Proki Sikkan, Lela, Bola dan Magepanda akan mendapat beragam aktivitas yang menarik pula yang mengandalkan summer daya alam yang ada di sekitar anak-anak.