SAMON GINGGUM, TENGGER DAN KAWI BERSATU DI MINUMAN TRADISIONAL

Desa Palangsari dan Balesari merupakan dua wilayah binaan ALIT Indonesia. Kedua desa ini sama-sama terletak di Jawa Timur dan berada di dua kota yang saling berdekatan yaitu Pasuruan dan Malang. Kedua desa ini memiliki nilai tradisi budaya yang kental, Tengger dan Kawi. Keduanya pun sama-sama memiliki potensi dalam bidang Waras. Palangsari kaya akan tanaman bawang dayak yang tumbuh subur dan liar di halaman-halaman perkebunan mereka, sedangkan Balesari kaya akan  jahe gajah yang belum lama ini panen besar-besaran. Keduanya sama-sama memiliki berbagai macam kandungan bioaktif seperti flavonoid, saponin, polifenol, dan zat gizi mikro yang berfungsi sebagai antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A. Zat-zat tersebut dapat membantu tubuh dalam mengoptimalkan sistem imun dalam tubuh.

Kita bisa loh membuat minuman yang enak dan kekinian dari kedua bahan itu lho, teman-teman! Di artikel ini aku berbagi ceritaku dalam menciptakan minuman yang menyatukan tanaman endemic dari dua budaya di Jawa Timur itu. Minuman yang aku ciptakan ini tidak hanya kaya manfaat tapi juga menyegarkan. Kuberi nama sebagai “SAMON GINGGUM”. Nama ini merupakan penggabungan dari bahan-bahannya, Sabrang Lemon with Ginger Gum. Sabrang adalah nama lain dari Bawang Dayak.

Bahan untuk minuman ini adalah bawang dayak, lemon, bunga melati, dan jahe yang dibuat menjadi jelly. Semua bahan yang kupakai dalam pembuatan minuman ini kami tanam sendiri lho di kebun-kebun kami. Lemon dan bawang dayak kami dapatkan dari perkebunan Tetirah Gayatri yang kami tanam sendiri secara organik, sedangkan jahe kami dapatkan dari hasil tanam temanp-teman di Balesari.

Untuk membuat Samon Ginggum ini, aku membuat percobaan terlebih dahulu untuk menemukan rasa yang pas. Setelah lima kali percobaan untuk minuman dan tiga kali percobaan untuk jelly, baru deh ketemu rasa yang pas dari semua bahannya

Samon Ginggum memiliki cita rasa khas. Rasa bawang Dayak yang sedikit pahit dinetralisir oleh lemon yang asam. Pemberian lemon juga menambahkan kesegaran di dalam minuman ini. Nah, kehadiran jelly jahe yang kenyal dengan cita rasa manis dan sedikit pedas memberikan sensasi unik ketika meminum minuman ini. Bunga melati yang telah dikeringkan dan diambil ekstraknya, memberikan sentuh pelengkap berupa wangi yang semerbak. Minum minuman ini tak hanya menghilangkan dahaga tapi juga berguna bagi kesehatan tubuh.

Buat teman-teman yang mau nyobain gimana sih uniknya rasa samon ginggum, bisa main ke Tetirah Gayatri di Pasuruan Bromo dan cobain langsung minuman ini! Oya, tapi walaupun minuman ini kaya aka manfaat, jangan lupa tetap jaga kesehatan kalian dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang ya!

Sekian dari aku, sampai ketemu di ceritaku selanjutnya!

Penulis: Annisa Ainur Rahma, Duta Nasional Waras DDRD